POSYANTEK ANEKA TEKNIK

Senin, 01 Juli 2019

APA ITU POSYANTEK ?


Media DesaKu
Rabu, 21 Juni 2017


APA ITU POSYANTEK?


Rekan Media Desaku kali ini kita berbagi tentang POSYANTEK   sesuai  InMendagri No. 24 tahun 1998 tentang Posyantekdes. Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab kebutuhan masyarakat, tidak dapat merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang mudah menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan
Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna selanjutnya disebut Posyantek adalah lembaga kemasyarakatan di kecamatan yang menyediakan pelayanan teknis, informasi dan koordinasi berbagai jenis Teknologi Tepat Guna.
Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah mencanangkan program pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG). Program Adanya ini diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan dan mengatasi jumlah piutang.
Petani Lebih Menjual hasil pertaniannya masih dalam bentuk mentah. Penjualan dalam bentuk harga rendah. Berbeda jika dijual dalam bentuk sudah diolah. Misalnya, hasil pertanian singkong. Adanya program TTG diharapkan mampu mengolah singkong menjadi berbagai olahan hasil pertanian, seperti keripik singkong, dan tepung singkong (tapioka) mocaf, Miedes, dll.
Penjualan singkong yang telah diolah harganya tentu lebih tinggi. Ini berarti pendapatan petani akan meningkat. Saat memproses, Dibutuhkan tenaga kerja. Pemanfaatan Tenaga Kerja.
Pemerintah Kabupaten melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mulai merintis membuat Posyantek pada Tahun 2017, pertama dengan mengadakan sosialisasi Pos Pelayanan Tepat Guna (Posyantek) Tingkat Kabupaten.
Adapun tugas dari pengurus Posyantek itu sendiri adalah sebagai berikut:
Melaksanakan inventarisasi dan mengetahui berbagai jenis / spesifikasi teknologi tepat guna yang telah digunakan dan dibutuhkan masyarakat;
Menerima bantuan perangkat keras (perangkat keras) dan perangkat lunak (perangkat lunak) teknologi tepat guna yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayahnya;
Mengadakan pelatihan dan penyuluhan teknologi tepat guna bagi masyarakat atau bagi pengelola Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna;
Menyusun program pendayagunaan teknologi tepat guna di wilayahnya dengan mengupayakan pengalokasian dana dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten dan sumber dana lain yang tidak mengikat;
Mendayagunakan buku-buku teknologi tepat guna di perdesaan.
  Susunan pengurus Posyantek sebagai berikut:

(susunan pengurus posyantek disesuaikan dengan kebutuhan) Sementara    untuk pengalihan tugas pengurus posyantek perlu pertanggungjawaban sebagai berikut:
Ketua
Bertindak sebagai manajer pelaksana kegiatan Harian Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna;
Terkait rencana kegiatan dan anggaran yang disusun oleh pengurus;
Mengenai kebijakan dan ketentuan yang berlaku di Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna;
Melakukan dan mengkoordinir kegiatan yang dilakukan oleh setiap seksi;
Mempertanggungjawabkan kegiatan harian Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna kepada pengurus (laporan kegiatan dan laporan keuangan).


Sekretaris
Sekretaris bertanggung jawab atas seluruh dokumentasi kegiatan, seperti surat menyurat dan dokumen kerjasama dengan pihak ketiga (Instansi Pemerintah maupun Swasta).

Bendahara
Bendahara bertanggung jawab untuk menerima, menyimpan, membayarkan, menatausahakan dan mempertanggung jawabkan uang untuk keperluan belanja kegiatan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna.

Seksi Kemitraan
Melaksanakan rencana kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
Menjalin dan menjaga hubungan kerjasama dengan sumber Teknologi Tepat Guna (lembaga pemerintah, perguruan tinggi, swasta, LSM dan pihak lain) dan pemanfaat / pengguna Teknologi Tepat Guna (masyarakat umum, petani, pengusaha kecil, home industri dan lain-lain);
Mengidentifikasi potensi dan peluang pemasaran bagi usaha masyarakat.

Seksi Pelayanan Teknologi Tepat Guna dan Usaha
Melaksanakan renccana kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
Melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka pengenalan dan penggunaan Teknologi Tepat Guna;
Memberi pendampingan dan bimbingan teknis kepada pemanfaat/pengguna Teknologi Tepat Guna.

Seksi Pengembangan Teknologi Tepat Guna
Melaksanakan rencana kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
Mengidentifikasi sesuai kebutuhan masyarakat akan Teknologi Tepat Guna;
Melakukan kajian dan pengembangan terhadap Teknologi Tepat Guna yang sudah ada / dipakai oleh masyarakat;
Melakukan pendataan tentang penggunaan dan kebutuhan Teknologi Tepat Guna.
Berikut ini adalah Contoh Susunan Keanggotaan Pengurus Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kecamatan

 NO
POSYANTEK NAMA PENGELOLA KEDUDUKAN DALAM TIM
 1 Ketua
2 Sekretaris
3
Bendahara
4
Seksi Pelayanan TTG dan Usaha
5
Seksi Kemitraan
6
Seksi Pengembangan TTG
7
Litbang Bidang TTGPertanian dan Peternakan
8 Litbang Bidang TTGPerikanan
9
Litbang Bidang TTG Inovasi Produk
10
Litbang Bidang TTG Desain Grafis, website dan blog.

======================//=================



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencanangan Paket wisata